fungsi_terbilang_excelTerbilang; Istilah ini tentu tidak asing lagi, terutama bagi orang-orang yang bergelut dengan masalah keuangan.

Sebagai contoh dalam membuat sebuah kuitansi, maka jumlah nominal uang dalam kuitansi tersebut tidak hanya dituliskan dalam bentuk numerik/angka tapi juga dituliskan dalam bentuk kata-kata atau yang diistilahkan dengan terbilang.

Bagi kebanyakan orang yang TR lihat, nominal dalam bentuk terbilang tersebut dibuat dan diketik secara manual sehingga rentan terhadap kesalahan. Disamping itu juga kurang efisien karena jika nominal angka berubah maka nominal dalam terbilang tersebut harus diubah atau disesuaikan.

Sebenarnya di MS excel dimungkinkan untuk digunakan fungsi terbilang yang bisa membuat nominal dalam kata-kata tersebut (terbilang) dapat dibuat dengan sangat mudah dan berubah secara otomatis mengikuti nominal angka yang kita inginkan. Sehingga kita tidak perlu lagi mengetik secara manual dan mengubahnya setiap kali jumlah nominal angka berubah. Cukup gunakan fungsi terbilang seperti pada gambar di atas.

Nah, untuk dapat menggunakan fungsi terbilang ini di MS excel, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan. Pertama, bagi Anda yang mungkin punya kemampuan algoritma dan pemrograman Visual Basic boleh mencoba membuat sendiri fungsi tersebut dengan memanfaatkan macro atau VBA di MS Excel tersebut. Yah… itung2 juga mengasah kemampuan… Cara kedua, menginstall add-ins terbilang yang sudah ada dan dapat didownload dan digunakan secara gratis dari internet.

Berikut ini salah satu contoh penggunaan atau hasilnya…

fungsi_terbilang_excel_2007

Fungsi di excel menggunakan add-ins terbilang

Kedua cara ini sudah banyak dibahas dan tersedia di internet (silahkan tanya sama Oom Google), sehingga TR rasa tidak perlu memberikan link dimana harus mendownloadnya. Yah, supaya engka too usahaTa… hihihi. Tapi kalo sudah usaha tapi belum ketemu, boleh balik lagi ke blog ini dan kita cari dan selesaikan sama2… oce?

Moga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>