pengelompokan excelPada catatan yang lalu TR membahas tentang pemanfaatan MS Excel untuk menampilkan kalimat terbilang dari sebuah bilangan, misalnya pada sebuah kuitansi atau laporan keuangan. Nah, untuk kesempatan kali ini TR kembali mencatat salah satu pemanfaatan MS excel yang saya yakin akan sangat berguna, seperti halnya dengan catatan sebelumnya.

Waktu Anda masih di bangku sekolah dulu, bagaimana cara guru Anda dalam mengelompokkan siswa? Atau mungkin saat anda dulu mengikuti suatu pelatihan atau kegiatan? Jawabannya tentu bermacam-macam tergantung dengan situasi dan kondisinya. Mungkin ada yang mengelompokkan siswa dengan cara menunjuk langsung anggota masing-masing kelompok, ada juga yang mempersilahkan siswa sendiri yang memilih teman untuk dijadikan teman sekelompok, ada yang mengelompokkan siswa dengan cara membagikan permen, ada yang mengelompokkan dengan jalan meminta siswa menyebut angka, dan lain-lain sebagainya. Mungkin Anda punya cara lain dalam mengelompokkan siswa, boleh dishare di sini…

Nah, pada catatan ini TR ingin berbagi ah satu cara pengelompokan siswa dengan menggunakan bantuan program yang dibuat di VBA Microsoft Excel. Program VBA ini dibuat oleh Jim Pollard (8/2/2006) yang kebetulan banyak digunakan pada saat pelaksanaan pelatihan Intel Teach Program for Getting Started untuk KKG/MGMP daerah terpencil.

Untuk menggunakan program ini, caraNa sangat mudah. Tugas kita hanya memasukkan nama-nama yang akan kita kelompokkan dan mengklik tombol ‘pembagian kelompok’ atau ‘pemanggilan acak’. Dan juga lupa untuk mengizinkan macro dari file tersebut untuk bisa jalan di MS Excel komputer Anda.

program pengelompokan acak dengan excel

Sebenarnya program ini tidak hanya berguna bagi guru untuk digunakan dalam mengelompokkan siswa, tapi juga bisa digunakan untuk penerapan yang lain yang terkait dengan pengelompokan dan pemanggilan acak.

Filenya dapat download di sini.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>