Kondisi dan situasi yang ada saat ini menjadi sebab masing-masing guru memiliki perbedaan dalam penguasaan kompetensi yang disyaratkan sebagai seorang pendidik. Sehingga untuk mengetahui kondisi penguasaan kompetensi seorang guru harus dilakukan pemetaan kompetensi guru melalui Uji Kompetensi Guru (UKG).

UKG dimaksudkan untuk mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Peta penguasaan kompetensi guru tersebut akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan profesi guru. Output UKG difokuskan pada identifikasi kelemahan guru dalam penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional.

UKG wajib diikuti semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun bukan PNS. Untuk Tahun 2012, yang menjadi sasaran peserta adalah guru-guru yang telah tersertifikasi sejak program sertifikasi digulirkan oleh pemerintah.

Adapun instrumen yang akan digunakan dalam Uji Kompetensi Guru terdiri dari soal yang dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban.

Kisi-kisi soal UKG dijabarkan berdasarkan:

  1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus
  5. Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 251/C/KEP/MN/2008 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Adapun Mata uji yang diikuti oleh guru bersertifikat pendidik adalah sama dengan bidang studi sertifikasi, dan dinyatakan valid oleh BPSDMPK-PMP. Informasi mata uji peserta UKG masing-masing peserta dapat dilihat pada website Uji Kompetensi Guru (UKG) BPSDMPK-PMP.

Untuk mendownload kisi-kisi soal UKG tersebut silahkan buka di SINI, atau di situs resmi UKG untuk mendownload secara lengkap.

Demikian sedikit informasi yang BNet kutip dari Buku Pedoman Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dikeluarkan oleh:

BPSDMPK dan PMP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Insya Allah jika BNet mendapat informasi terbaru tentang UKG ini, BNet akan update di Blog ini…
So, Nantikan update informasi UKG berikutnya…. Stay Tune!

Update, Pengenalan program aplikasi uji kompetensi online sudah BNet posting di blog ini… yah, hitung2 biar nanti ndak kikuk alias grogi saat berhadapan dengan ujian online sesungguhnya.

Atau Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi terbaru langsung ke Email Anda, di bawah ini:

 

Atau klik Subscribe jika Anda menggunakan Facebook:

 

2 Comments

  1. Pingback: Uji Kompetensi Guru (UKG) ONLINE 2012 | Bahtiar.NET | Hanya seKedar Sebuah caTatan onLine

  2. Pingback: Pengenalan Aplikasi Uji Kompetensi Guru (UKG) ONLINE 2012 | Bahtiar.NET | Hanya seKedar Sebuah caTatan onLine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>