Uji Kompetensi Guru (UKG) ONLINE di Tahun 2012 ini menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian guru. Menakutkan bukan karena isi soal (materi) ujiannya melainkan karena teknik pelaksanaannya yang menggunakan ONLINE alias menggunakan perangkat komputer  dan internet. Tapi bagi Anda, jika Anda adalah satu dari calon peserta ujian tersebut tidak akan menjadi masalah. Anda bisa menemukan artikel ini berarti Anda kemungkinan besar sudah mempunyai kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut. Ndak salahJie toh? :-)

Oleh karena itu BNet tergerak untuk berbagi apa yang BNet dapatkan. Mudah-mudahan tulisan yang sederhana ini dapat bermanfaat, sehingga sedikit atau banyak dapat mengurangi beban pikiran akan UKG Online ini khusunya dalam menggunakan aplikasi sehingga bisa lebih fokus pada materi ujian yang akan diikuti. Untuk kisi-kisinya silahkan di simak di bagian lain blog ini.

Mungkin ada di antara Anda ada yang bertanya, dimana BNet mendapatkan tampilan aplikasi UKG Online ini. Tampilan aplikasi tersebut BNet kutip dari Buku Materi TOT Tim Teknis UKG Online yang dikeluarkan oleh Badan PSDMP-PMP pada kegiatan TOT Nasional Tim Teknis UKG beberapa waktu yang lalu. Namun tentu saja BNet tidak bisa menjamin bahwa tampilan dalam tulisan ini akan benar-benar persis sama dengan tampilan aplikasi saat ujian nanti karena dalam perjalanan waktu hingga pelaksanaan ujian mungkin saja program mengalami updating. Tapi tidak perlu kawatir karena 30 menit sebelum ujian, para peserta diberikan kesempatan untuk mengenal, berlatih dan bahkan dilatih menggunakan program aplikasi yang akan digunakan. Apalagi program aplikasi sudah didesain sedemikian rupa sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. So, dont worry lah…

Oke, to the point saja…

1. Dengan arahan pengawas ruangan, peserta diminta melakukan login ke program aplikasi. Tampilan form login kira-kira seperti berikut:

formulir login

Data yang dinputkan adalah Nomor Peserta Sertifikasi dan NUPTK. Dua-duanya harus benar, jika salah satunya salah maka peserta ujian tidak diijinkan Login pada sistem ujian. Jika terjadi kesalahan input Nomor Peserta dan NUPTK
maka menampilkan informasi seperti pada gambar berikut:

aplikasi-uji-kompetensi-guru-online-kesalahan

Namun jika kesalahan itu terjadi hanya input NUPTK maka pesan yang akan ditampilkan adalah sebagai gambar berikut ini:

aplikasi-uji-kompetensi-guru-online-informasi

2. Setelah berhasi Login maka peserta secara otomatis masuk pada menu Pilih Mata Ujian.

Pada sistem UKG online, setiap peserta hanya disiapkan satu mata ujian sesuai dengan mata pelajaran yang tertera sertifikat pendidiknya. Jika terjadi perbedaan mata pelajaran yang diampu dengan mata ujian, itu berarti terjadi kesalahan
inisialiasi dari awal. Setiap peserta melekat pada dirinya satu mata pelajaran yang diampunya sesuai dengan sertifikat pendidiknya.

Perhatikan gambar berikut, Mata Ujian menyediakan informasi nama Mata Ujian, Durasi waktu yang disediakan untuk mengerjakan ujian tersebut. Untuk melanjutkan pada sesi ujian dengan menekan tombol ikut-ujian-kompetensi-guru

aplikasi-uji-kompetensi-guru-online-pilih-mata-ujian

3. Setelah menekan tombol ikut-ujian-kompetensi-guru maka selanjutnya menampilkan informasi konfirmasi ujian tentang nama mata pelajaran, bidang keahlian, program keahlian, profesi, jenjang pendidikan seperti pada gambar berikut

aplikasi-uji-kompetensi-guru-online-konfirmasi-ujian

Setelah yakin data itu benar maka Anda dapat melanjutkan dengan menekan ikut-ujian-kompetensi-guru, maka soal ujian sesuai dengan mata ujian seperti pada gambar berikut:

aplikasi-uji-kompetensi-guru-online-contoh-soal-jawab

4. Setiap halaman ujian berisi hanya satu unit soal yang terdiri uraian soal pada bagian paling atas, dibawahnya ada empat uraian jawaban (A, B, C dan D). Pilihan jawaban tersebut dapat dipilih dengan 2 cara yaitu :
1) Menggunakan Mouse : Arahkan mouse dan klik kiri mouse 1x pada pilihan jawaban yang menurut Anda paling Benar. Pilihan jawaban yang terpilih akan memberikan reaksi perubahan warna dari biru menjadi merah. Jika menurut Anda pilihan jawaban Anda sebelumnya kurang tepat, maka Anda dapat memilih jawaban lainya arahkan mouse dan klik kiri mouse 1x lagi pada pilihan jawaban yang menurut Anda paling Benar. Perubahan pilihan jawaban berapa kalipun itu diperbolehkan dan sama sekali tidak mengurangi nilai.

2) Menggunakan Keyboard : Tekan huruf A atau B atau C atau D untuk memilih jawaban yang menurut Anda paling benar. Pilihan jawaban yang terpilih akan memberikan reaksi perubahan warna dari biru menjadi merah. Jika menurut Anda pilihan jawaban Anda sebelumnya kurang tepat, maka Anda dapat memilih jawaban dengan menekan huruf A atau B atau C atau D yang menurut Anda paling benar.

Perubahan pilihan jawaban berapa kalipun itu diperbolehkan dan sama sekali tidak mengurangi nilai.

5. Berikut ini adalah toolbar yang disiapkan pada software Pelaksana UKG Online untuk memudahkan peserta mengikuti ujian. Software Pelaksana dirancang khusus untuk mengakomodir seluruh peserta uji termasuk yang belum pernah pakai komputer sekalipun. Kesalahan yang mungkin terjadi akibat salah tekan mouse atau salah tekan keyboard 99% tidak akan terjadi, karena fungsi keyboard dan mouse telah diminimalisir. Pada saat ujian berlangsung tombol keyboard yang berfungsi hanya 5 tombol yaitu : tanda +, -, angka 0, spasi dan backspace.

aplikasi-uji-kompetensi-guru-online-navigasi-soal

Berikut ini adalah contoh soal dimana peserta telah memberikan jawaban, maka secara otomatis pada sudut kanan halaman ujian muncul informasi jawaban yang Anda pilih.

Catatan Penting : Pada saat ujian berlangsung, sistem ujian akan merekam jawaban secara otomatis setiap 4-5 menit.

Berlanjut ke posting berikutnya…. Stay tune….! Tetap ONkan HP Anda….

*) Catatan: Tampilan aplikasi dan pesan-pesan yang muncul seperti pada gambar-gambar di atas adalah tampilan program saat uji program aplikasi, sehingga mungkin aja akan terdapat perbedaan dengan program apikasi sesungguhnya di lapangan. Tapi mudah-mudahan saja tidak terlalu berbeda.

2 Comments

  1. Pingback: Download kisi-kisi soal Uji Kompetensi Guru (UKG) | Bahtiar.NET | Hanya seKedar Sebuah caTatan onLine

  2. Pingback: Video tutorial penggunaan Aplikasi Uji Kompetensi Guru (UKG) Online | Bahtiar.NET | Hanya seKedar Sebuah caTatan onLine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>